Prof apasih torque converter? Dan
apa kelebihan dan kekuranganya?
torque converter merupakan sistem
pemindah daya dari engine menuju sistem transmisi, dengan bantuan fluida dan
putaran turbin sebagai penerus dayanya. Fungsinya sebagai memperbesar momen. Tetapi
transmisi menggunakan torque converter merupakan metode transmisi paling
konvensional, sekarang sistem transmisi sudah berkembang jauh teknologinya. Pada
dasarnya komponen utama torque converter mempunyai 3 komponen penting, yaitu:
- Turbin : Merupakan baling-baling yang berhubungan dengan flywheel mesin, berfungsi untuk membuat pusaran fluida dengan mengikuti putaran mesin yang akan diteruskan menuju transmisi.
- Stator : Stator terletak diantara turbin dan pump. Berfungsi untuk menyetabilkan pusaran fluida yang didapat dari turbin untuk menuju pump.
- Pump : Dari konstruktur bentuknya hampir menyerupai turbin. Tetapi ada sedikit perbedaan di sirip-siripnya. Berfungsi sebagai penerus daya menuju transmisi dan membalikan fluida menuju turbin agar dibentuk pusaran kembali.
Kelebihan dari
torque converter:
- Dalam perawatanya torque converter dibilang sangatlah mudah, hanya memperhatikan kondisi oli yang terutama.
- Konstruksinya juga lebih simpel.
- Biaya perawatan lebih murah.
- Memberikan akselerasi lebih spontan dari pada CVT.
Tetapi ini
hanya buatan manusia yang tak luput dari kekurangan, yang diantaranya:
- Tidak memiliki engine brake saat deselerasi.
- Perpindahan giginya terbilang masih kasar ketimbang CVT.
- Lebih boros BBM tertama saat kondisi macet atau stop and go.
Sekian dulu
pembahasan tentang torque converter dari saya.
Terimakasih.
0 comments:
Post a Comment