Sistem transmisi pada
Ford Ecosport menggunakan penggerak depan
atau Transaxle. Transmisi pada
kendaraan ini sudah menggunakan Dual
Clutch, yaitu
sistem transmisi terbaru
yang mempunyai beberapa kelebihan yaitu lebih menghemat bahan bakar
dan saat perpindahan gigi menjadi sangat halus. Didalam transmisi
yang dimiliki Ford Ecosport ini
sama seperti dengan mobil dengan transmisi manual dengan mempunyai 6
gigi kecepatan
dan
1 gigi
mundur. Tetapi
merupakan mobil
yang menggunakan sistem transmisi jenis otomatis,
karena mobil ini tidak menggunakan
pedal kopling.
Berbeda dengan transmisi otomatis konvensional yang mengandalkan
fluida untuk menggerakan perpindahan gigi transmisi. Semua
sistem transmisi digerakan oleh gerakan dari motor elektrik dan berkerja
secara otomatis
untuk perpindahan setiap gigi
saat
melaju. Dan fluida
hanya sebagai
pelumas
gigi transmisi
saja seperti transmisi
manual
pada umumnya dan sisitem kopling
menggunakan tipe kering, Sehingga tidak
memerlukan pelumasan.
Cara kerja dari sistem transmisi
ini memang sangat rumit, sehingga ini
menjadi sebuah kekurangan dari transmisi
jenis ini. Dalam pembahasan
ini akan dijelaskan
tentang bagian
sistem transmisi otomatis Ford Ecosport:
1. Kopling Ganda
Kopling merupakan salah satu bagian dari sistem pemindah tenaga
yang berfungsi sebagai pemutus dan penerus tenaga yang
dihasilkan oleh engine yang akan diteruskan menuju transmisi.
Pada mobil otomatis sistem kopling
digantikan dengan torque converter sebaga.
penerus
daya, dengan mengandalkan pusaran fluida cair yang berputar untuk
meneruskan daya ke
sistem transmisi. Kerugian tentu lebih banyak dialami oleh torque converter, karena kendaraan akan menjadi lebih
boros bahan bakar terutama saat
keadaan macet.
Akan tetapi pada mobil
Ford Ecosport dengan tipe transmisi
otomatis dengan seri 6DCT250 ini sudah tidak menggunakan torque
converter sebagai penerus daya ke
transmisi. Ini merupakan kelebihan dari kopling seri ini. Sistem kopling untuk Ford Ecosport tipe otomatis ini
sudah menggunakan kopling
ganda. Kelebihan dari menggunakan
kopling jenis perpindahan gigi
akan
terasa cepat
dan
sangat
lembut.
2. Motor Actuator
Motor actuator merupakan sebagai
penggerak
untuk menekan kopling dengan dibantu dengan clutch buterfly untuk
menekan kopling ganda
tersebut. dalam sistem transmisi
ini mempunyai dua buah motor
actuator yang
dimana berkerja saling
bergantian yang diatur oleh
Engine Menegement System (EMS). Dengan digerakan motor actuator
kopling A disiapkan untuk
melayani
gigi 1,3,5,
dan mundur dan kopling B melayani gigi
2,4, dan 6.
3. Transaxle
Transaxle merupakan sistem pemindah tenaga
untuk penggerak depan suatu kendaraan mobil yang mempunyai dua jenis cara kerjanya,
yaitu manual dan otomatis. Tetapi pada
mobil Ford Ecosport dirancang dengan
menganut
sistem transmisi
otomatis dual clutch yang merupakan teknologi terbaru. Transmisi
ini mempunyai dua buah kopling yang
siap mengoprasikan
saat berjalan yang digerakan dengan
motor actuator dan
diatur oleh Engine
Menegement
Sistem (EMS).
Walaupun transmisi
jenis ini berkerja secara otomatis tetapi
komponennya sama dengan transmisi manual dengan
menggunakan
synchromesh. Tidak layaknya
transmisi otomatis konvensional biasanya.
4. TSS sensor
TSS sensor terletak ditransmisi housing diatas input shaft transmisi. Ini adalah sensor induksi yang
mengukur kecepatan putaran
dari input shaft. Sinyal yang digunakan sebagai untuk mengatur kerja
shift.
5. TR sensor
TR sensor
terletak pada selector shaft. Dengan mengoprasikan gearshift,
shaft melalui selector
lever cable, sliding
contak untuk beberapa
posisi di ketok ke dalam sensor TR. Kontak pemisah disalurkan untuk menyalurkan arus starter motor
ketika di P dan di N.
Sinyal
sensor TR digunakan untuk menditeksi posisi selector
lever dan meneruskan arus kontol untuk relay starter di selector lever posisi P dan N
6. Transmisi
Control Module (TCM)
Transmisi
cotrol module merupakan komponen yang terus
memeriksa
kecepatan kendaraan
dan sebagai
pemindah
shift
fork.
otomatis dari transmisi
ini, jika kecepatan kendaraan berkurang
sehingga putaran mesin dibawah dari batas terendah, maka TCM
akan memindahkan gigi yang lebih rendah. Dan bila
putaran mesin semakin tinggi
atau
saat akselerasi
dan melebihi batas
dari putaran yang ditentukan maka TCM akan berpindah ke
secara otomatis ke gigi yang
lebih tinggi.
adu ayam jago Terpercaya Indonesia
ReplyDeleteTaruhan S128 - SV388 - CFT2288 (KUNGFU)
Yuk Gabung Bersama Kami Raih Kemenangan Anda Sekarang Juga 100% Tanpa Bot
Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
WA: +628122222995