Monday, February 8, 2016

INILAH KEHEBATAN TRANSMISI DUAL CLUTCH FORD ECOSPORT

Sistem transmisi pada Ford Ecosport menggunakan penggerak depan atau Transaxle. Transmisi pada kendaraan ini sudah menggunakan Dual Clutch,   yaitu   siste transmisi   terbar yang   mempunya beberapa kelebihan yaitu lebih menghemat bahan bakar dan saat perpindahan gigi menjadi sangat halus. Didalam transmisi yang dimiliki Ford Ecosport ini sama seperti dengan mobil dengan transmisi manual dengan mempunyai 6 gigi kecepatan dan 1 gigi mundur. Tetapi merupakan mobil yang menggunakan sistem transmisi jenis otomatis, karena mobil ini tidak menggunakan pedal kopling.
Berbeda dengan transmisi otomatis konvensional yang mengandalkan fluida untuk menggerakan perpindahan gigi transmisi. Semua sistem transmisi digerakan oleh gerakan dari motor elektrik dan berkerja secara otomatis untuk perpindahan setiap gigi saat melaju. Dan fluida hanya sebagai  pelumas  gigi  transmisi  saja  seperti  transmisi  manual  pada umumnya dan sisitem kopling menggunakan tipe kering, Sehingga tidak memerlukan pelumasan.
Cara kerja dari sistem transmisi ini memang sangat rumit, sehingga ini menjadi sebuah kekurangan dari transmisi jenis ini. Dalam pembahasan ini akan dijelaskan tentang bagian sistem transmisi otomatis Ford Ecosport:
1.   Kopling Ganda
Kopling merupakan salah satu bagian dari sistem pemindah tenaga yang berfungsi sebagai pemutus dan penerus tenaga yang dihasilkan oleh engine yang akan diteruskan menuju transmisi. Pada mobil otomatis sistem kopling digantikan dengan torque converter sebaga.
penerus daya, dengan mengandalkan pusaran fluida cair yang berputar untuk meneruskan daya ke sistem transmisi. Kerugian tentu lebih banyak dialami oleh torque converter, karena kendaraan akan menjadi lebih boros bahan bakar terutama saat keadaan macet.
Akan tetapi pada mobil Ford Ecosport dengan tipe transmisi otomatis dengan seri 6DCT250 ini sudah tidak menggunakan torque converter sebagai penerus daya ke transmisi. Ini merupakan kelebihan dari kopling seri ini. Sistem kopling untuk Ford Ecosport tipe otomatis ini sudah menggunakan kopling ganda. Kelebihan dari menggunakan
kopling jenis perpindahan gigi akan terasa cepat dan sangat lembut.
2.   Motor Actuator
Motor actuator merupakan sebagai penggerak untuk menekan kopling dengan dibantu dengan clutch buterfly untuk menekan kopling ganda tersebut. dalam sistem transmisi ini mempunyai dua buah motor actuator yang dimana berkerja saling bergantian yang diatur oleh Engine Menegement System (EMS). Dengan digerakan motor actuator kopling  A  disiapkan  untuk  melayani  gigi  1,3,5,  dan  mundur  dan kopling B melayani gigi 2,4, dan 6.
3.   Transaxle
Transaxle merupakan sistem pemindah tenaga untuk penggerak depan suatu kendaraan mobil yang mempunyai dua jenis cara kerjanya, yaitu manual dan otomatis. Tetapi pada mobil Ford Ecosport dirancang dengan   menganut   sistem   transmisi   otomatis   dual   clutc yang merupakan teknologi terbaru. Transmisi ini mempunyai dua buah kopling yang siap mengoprasikan saat berjalan yang digerakan dengan motor actuator dan diatur oleh Engine Menegement Sistem (EMS).
Walaupun transmisi jenis ini berkerja secara otomatis tetapi komponennya sama dengan transmisi manual dengan menggunakan synchromesh. Tidak layaknya transmisi otomatis konvensional biasanya.
4.   TSS sensor
TS sensor   terletak   ditransmisi   housing   diata input   shaft transmisi. Ini adalah sensor induksi yang mengukur kecepatan putaran dari input shaft. Sinyal yang digunakan sebagai untuk mengatur kerja
shift.
5.   TR sensor
TR sensor terletak pada selector shaft. Dengan mengoprasikan gearshift, shaft melalui selector lever cable, sliding contak untuk beberapa posisi di ketok ke dalam sensor TR. Kontak pemisah disalurkan untuk menyalurkan arus starter motor ketika di P dan di N. Sinyal sensor TR digunakan untuk menditeksi posisi selector lever dan meneruskan arus kontol untuk relay starter di selector lever posisi P dan N

6.   Transmisi Control Module (TCM)
Transmisi cotrol module merupakan komponen yang terus memeriksa  kecepatan  kendaraan  dan  sebagai  pemindah  shift  fork.
otomatis dari transmisi ini, jika kecepatan kendaraan berkurang sehingga putaran mesin dibawah dari batas terendah, maka TCM akan memindahkan gigi yang lebih rendah. Dan bila putaran mesin semakin tinggi atau saat akselerasi dan melebihi batas dari putaran yang ditentukan maka TCM akan berpindah ke secara otomatis ke gigi yang lebih tinggi.

1 comment:

  1. adu ayam jago Terpercaya Indonesia
    Taruhan S128 - SV388 - CFT2288 (KUNGFU)
    Yuk Gabung Bersama Kami Raih Kemenangan Anda Sekarang Juga 100% Tanpa Bot
    Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
    WA: +628122222995

    ReplyDelete

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com