Penulisan
artikel yang lalu saya sudah menjelaskan tentang mesin pembakaran dalam dan
pembakaran luar, Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang konsep
dasar dari motor diesel. Yukk simak !!!
Siapa
yang tak kenal dengan mesin diesel ? kalo engga tau, sana tanya sama yang tau.
haha
Mesin diesel merupakan mesin yang
masuk dalam kelompok internal combustion
engine atau mesin pembakaran dalam. Dan didalam mesin pembakaran dalam ada
2 macam pembakaran yaitu spark igni
engine dan compression ignition engine.
Motor diesel termasuk yang proses pembakaranya menggunakan compression ignition engine. Compression
ignition engine adalah motor yang dimana proses pembakaranya menggunakan
tekanan kompresi udara, udara yang di kompresikan suhunya akan naik dan membuat
bahan bakar(solar) akan terbakar. Sehingga pada motor diesel tidak perlu
menggunakan busi untuk pemicu pembakaran seperti pada motor bensin.
Mesin diesel mempunyai tekanan
kompresi yang lebih tinggi dibandingkan dengan mesin bensin, tekanan kompresi
tersebut dihasilkan dari perbandingan kompresi, perbandingan kompresi pada
mesin diesel bisa mencapai 1 : 20. Semakin tinggi perbandingan kompresi pada
mesin diesel maka semakin bagus pula hasil pembakaranya dan dapat menghasilkan
tenaga yang lebih besar.
Konsumsi bahan bakar pada mesin
diesel jauh lebih irit dibandingkan dengan motor bensin, karena pada motor
diesel pencampuran bahan bakar dengan udara jauh lebih kurus yaitu 40 : 1 atau
lebih. Kurus dalam arti dengan misal 40 kilogram udara maka bahan bakar yang di
berikan hanya 1 kilogram saja. berbeda dengan motor bensin yang nilai campuran
bahan bakar dan udaranya yang mencapai 15 : 1. Ada beberapa faktor yang
mempengaruhi mesin diesel lebih irit :
- Pada saat pembakaran bahan bakar tidak kekurangan oksigen.
- Tekanan kompresi pada mesin diesel lebih tinggi.
- Nilai kalor bahan bakar yang lebih tinggi( Nilai pembakaran solar 139.000 cal per gallon dan 125.000 cal per gallon untuk bensin)
Kesimpulan yang bisa diambil dari
pembahasan diatas:
Motor diesel merupakan mesin
kalor yang pembakaranya menggunakan compressi
ignition engine, sehingga udara dalam ruang bakar suhunya akan naik ketika dikompresikan dan motor diesel juga
bisa lebih irit bahan bakar tetapi tetap menggasilkan power yang besar.
Sekian dulu pembahasan dari saya
tentang motor diesel ini, tunggu dan baca artikel saya yang lain. Mari belajar
otomotif.
Terimakasih.
0 comments:
Post a Comment